A Story from Friends

CERITA SAHABAT… sebuah buku yang berisi kumpulan cerita pendek dari Alberthiene Endah n the gank…  Alexander Thian (aka Amrazing), Faye Yolody, Tjhai Edwin, Verry Barus, Rahne Putri, Dillon Gintings, Chicki Handoyo Soe, Jia Effendie, Rendy Doroii, Ollie and Faizal Reza. Tau buku ini dari temanku Emil -sang pengompor sejati-  and honestly, tertarik dengan buku ini karena ada Alexander Thian.. Suka dengan tulisa Amrazing yang pertama kali kubaca di The Journeys tentang Karimunjawa.

Sesuai dengan judulnya, di buku ini setiap penulis dapat menulis sesuai dengan keinginan mereka. Seperti sahabat yang bercerita pada sahabatnya… yaitu kita sebagai pembaca. Tema yang diangkat pun bermacam-macam.. mulai dari kisah seorang playgirl, balas dendam, percintaan including kisah percintaan sesama jenis, kisah waria, perpisahan dan kesedihan, kesetiaan dan perselingkuhan… Each of them write with their own way… Pembaca seolah diperkenankan memilih mana sahabat yang ingin didengarkan.. mana kisah yang ingin dibaca.. mana cerita yang menarik perhatian..  Walaupun sayang sekali, tidak ada daftar isi di buku ini.. sehingga kalo gak pingin kelewatan cerita, sebaiknya kita memang membacanya dari depan… Tapi, itu pun bukan harga mati… It’s just up to us to decide…

Dari total kurang lebih 30 kisah yang disajikan di buku ini, ada beberapa yang ku sukai dan menjadi favorit.. ada yang biasa aja.. dan ada juga yang di akhir cerita, komentarku adalah…”hah… apa maksudnya…???” sangking gak terlalu nyambung ama bahasa yang digunakan ~__~.

My most favorite story are :

Hilang by Faye Yolody

Faye di sini bercerita tentang Yoris, seorang penulis skenario dan sutradara, yang mengalami amnesia setelah  kecelakaan mobil. Dan juga tentang Kay yang dengan telaten mendampingi Yoris untuk menjalani hari-harinya setelah amnesia dan membantunya untuk dapat mengembalikan ingatannya.  Yang aku senang dari kisah ini adalah moral of the story yang menungjukkan bahwa.. cinta dan kasih yang diberikan dengan tulus itu menyembuhkan… Seperti cinta Kay pada Yoris yang menyembuhkan Yoris dari rasa kehilangan Bunga.. kekasihnya yang meninggal ketika kecelakaan mobil.

Pengakuan by Alberthiene Endah

Hagi adalah sang suami.. dan Dina adalah sang istri. Bersama mereka mengarungi kehidupan rumah tangga yang penuh keteraturan, kalo tidak bisa disebut monoton. Aktivitas yang sama berulang setiap harinya dengan ritme yang sama.. tanpa ada gejolak.. tanpa ada perbedaan dari hari ke hari. Akan tetapi ternyata di balik itu semua, tersimpan sebuah hal yang berusaha dikubur oleh mereka berdua dengan caranya masing-masing.. Rasa sakit Hagi dan Rasa bersalah Dina…
Hal yang dikubur hanya menyebabkan luka membeku… tetapi tidak menyembuhkan.  Pada akhirnya sebuah pengakuan membuat luka tersebut kembali terbuka dan terasa sakit….tetapi akan mengering dan akhirnya sembuh…

 

Blok D No. 16 by Alberthiene Endah

Tentang Roy, seorang reporter pemula sebuah koran lokal, yang merutuki nasibnya sehingga hanya bisa tinggal di rusun yang kumuh dan memiliki tetangga yang sangat tidak dia sukai. Roy sangat membenci tetangganya, seorang wanita yang bahkan namanya pun tidak ingin Roy ketahui. Dan seperti pada umumnya rasa benci, akan selalu diikuti oleh persangka buruk.. tanpa merasa perlu untuk mengkonfirmasi apakah hal tersebut benar atau tidak. Perasangka buruk yang semakin menumpuk karena disebabkan tingkah laku sang tetangga yang juga rada-rada ajaib gmana gtu. In the end, Roy akhirnya mengetahui bahwa tetangganya tersebut tidak seperti perasangkanya.. but everything is already too late. Yang tersisa hanya penyesalan.
Dalam kisah ini, pepatah don’t judge a book from the cover rasanya bener banget. Kita tidak bisa menilai seseorang hanya dari penampakan luarnya.

Cerita-cerita di buku ini ada yang ringan.. dan ada juga yang harus membuat kening berkerut serta harus membacanya agak berulang kali untuk mengerti… Atau aku nya yang enggak ngerti karena memang selalu menemui kesulitan untuk mencerna cerita-cerita dengan bahasa tingkat “tinggi”.. @_@

Sebuah buku keroyokan yang apik..
Yang menawarkan pilihan kepada pembacanya… karena seperti hidup, selalu penuh dengan pilihan…
^__^

Please feel free to give comment ^__^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s