#CeriTo Hari Ke-Tujuh : Bakso Bakar

Siapa yang gak tau kalo Malang terkenal dengan baksonya.  Kayaknya berbagai jenis bakso ada di kota ini, mulai dari yang murah ampe yang mahal, mulai dari yang tempatnya paten di ruko-ruko sampai penjual bakso tektok tektok keliling, mulai dari yang bentuknya bundar ampe yang bentuknya kotak, hati dan sebagainya.

Salah satu jenis bakso yang juga nampaknya ide originalnya berasal dari malang adalah bakso bakar (eh benerkan ya orisinal dari Malang… :- /). Jadi bukan hanya ikan, ayam, atau sate aja yang dibakar, bakso pun ternyata enak kalo dibakar.  Sepengetahuan saya, ada dua jenis bakso bakar yang cukup terkenal di Malang.  Ada yang disajikan kering tanpa saos, jadi hanya bakso yang dibakar saja disajikan di mangkok. Bakso bakar di jalan Pahlawan trip cukup terkenal dengan bakso jenis ini.  Ada juga yang disajikan bersama dengan saosnya dan yang menjadi favorit saya adalah yang berada di Jalan Candi Trowulan.

Pertama kali mengetahui bakso bakar Candi Trowulan ini karena diajak kakak yang kebetulan saat itu berkuliah di STIE Malangkucecwara, dan langsung jatuh cinta sejak gigitan pertama… (kok berasa iklan coklat yak..). Ada tiga pilihan rasa : Tidak pedas, sedang dan pedas. Teksturnya pun bisa milih halus atau kasar. Saya biasanya milih yang halus dengan pedas sedang, dan nanti saaat akan makan ditambahin sambal lagi yang cukup pedas, sehinga jatuhnya sih pedas-pedas juga.  Satu porsi terdiri dari 5 biji, tapi bisa langsung pesan per biji juga sih, dengan kelipatan 5.

Walaupun sekarang saya tidak berdomisili tetap di Malang, tapi kalau ke Malang, mampir ke bakso bakar ini pasti tidak terlewatkan. A must to eat food when you come to Malang.  Sangking seringnya ke sini, para mas-masnya itu sampai hapal dengan jumlah, jenis bakso dan tingkat kepedasan yang bisa saya order. Hmm, sekali datang, saya bisa pesan 10 – 20 pcs *nutup muka*.

Wondering, kapan ya mereka bakal punya cabang di Bangil… jadi kan gak perlu jauh-jauh kalo pingin makan bakso bakar….🙂

2 thoughts on “#CeriTo Hari Ke-Tujuh : Bakso Bakar

  1. Aku …. belum … pernah …. makan … bakso …. bakar … yang di STIE Malang Kucecwara X_X
    Padahal itu kan yang paling terkenaaaalll …..
    Aku biasa makan yang di Dieng, sampingnya Dieng Plasa😀

Please feel free to give comment ^__^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s