Indahnya Indonesia-koe

Senin pagi kemarin, berangkat kerja dengan ditemani langit yang biru cerah. Nampak beberapa gumpalan awan kelabu, tapi tidak menjadikan birunya langit kehilangan keindahannya.

Sambil berjalan, tiba-tiba saja saya terpaku pada hamparan sawah hijau yang terbentang luas. Saya memang melewati jalan yang biasa saya lewati. Akan tetapi entah kenapa, pagi kemarin itu, sawah tersebut nampak sangat hijau dan menyenangkan.

Seketika saja, saya merasa ingin bernyanyi…πŸ˜€

Memandang alam dari atas bukit
sejauh pandang kulepaskan
sungai tampak berliku sawah ladang terbentang
bagai permadani dikaki langit
gunung menjulang berpayung awan
oh indah pemandangan
– Pemandangan karya AT Mahmud –

Melihat pemandangan kemarin pagi, membuat saya kembali bersyukur tinggal di Indonesia. Negeri tropis yang selalu disinari sinar matahari sepanjang tahun. Negeri yang terdiri dari berbagai suku, bahasa dan budaya. Negeri yang (katanya) gemah ripah loh jinawi, toto tentrem kerto raharjo. Negeri yang memiliki keindahan dan kekayaan alam, yang belum tentu ada di bagian dunia lainnya.

DSC_0235
Pantai Goa Cina – Malang Selatan, Jawa Timur

DSC_0150
Gunung Bromo – Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

dsc_01751.jpg
Jembatan Suramadu dari kejauhan, melintasi Selat Madura, Jawa Timur

photo05841.jpg
Tanah Lot – Bali

20121116_082031
Pantai Dreamland – Bali

DSC01400
Kawah Putih – Jawa Barat

DSC01426
Gunung Tangkuban Perahu – Jawa Barat

Foto-foto di atas hanyalah sebagian kecil dari keindahan Indonesia yang bisa saya abadikan. Pemandangan aslinya, tentu jauh lebih indah. Masih banyak keindahan Indonesia lainnya yang belum saya datangi. Tujuan utama berikutnya adalah Karimunjawa. Hmm, jadi gak sabar pingin ke sanaπŸ˜€

Saat ini, negeri ini memang sedang penuh gejolak. Saat ini, negeri ini memang (tampak) carut marut. Korupsi, banjir, macet, kemiskinan, sebut saja… Akan tetapi, apapun keburukan yang ada di negeri ini, tidak akan mengurangi keindahan yang dimilikinya. Saya percaya itu!

Mengutip perkataan Vabyo di bukunya yang berjudul Kedai 1001 Mimpi : Semua kebusukan negara saya, Indonesia, ada di negara lain kok. Tapi keindahan Indonesia, belum tentu dimiliki negara lain.

Ya… saya bangga tinggal di Indonesia…. bagaimana dengan mu ?πŸ™‚

4 thoughts on “Indahnya Indonesia-koe

    1. Dan keindahan Indonesia yang ada di postingan ini belum seberapa dibandingkan keindahan lainnya yang ada di blogmu…..πŸ˜€

Please feel free to give comment ^__^

