Uang (tidak) Selalu Segalanya

Malam ini kembali mendapatkan pembelajaran bahwa dalam bekerja itu tidak semuanya selalu tentang uang. Oh, uang memang penting, saya tidak munafik, tapi bukan berarti segalanya.

Berawal dari rumpian random dengan teman se-kosa-an, yang berakhir pada pembicaraan tentang pekerjaan. Saat ini, dia sedang dalam tahap untuk move on ke perusahaan lain. Yaah, bakal hilang satu deh teman yang sealiran gilanya😦 #MalahCurhat

Menurut dia, sebetulnya dia masih pingin berada di tempat kerjanya yang sekarang. Dia masih suka dengan pekerjaannya, dia masih suka dengan rekan-rekan di tempat kerjanya. Yang membuat dia akhirnya memutuskan untuk hengkang dari perusahaan itu adalah… karena dia tidak merasa mendapatkan dukungan dari pimpinannya. Rekan kerja yang berada di divisi yang dipimpinnya, dipindahkan begitu saja ke divisi lain, tanpa ada diskusi dari pimpinannya dengan dia, tanpa ada waktu untuk persiapan serah terima pekerjaan, tanpa ada orang pengganti.

Mungkin bagi sebagian kita akan berkata “Ah, cuma gitu doank.”  Akan tetapi, suatu hal yang dianggap sepele bagi orang lain, belum tentu sepele bagi orang yang bersangkutan. Dan bagi teman saya, hal tersebut menjadikan dia merasa tidak didukung oleh pimpinannya dalam melaksanakan tugas di divisinya, dan membuat dia tidak merasa nyaman lagi dalam bekerja.

Kisah teman saya yang lainnya, dia memutuskan keluar dari pekerjaannya, karena dia merasa dimusuhi oleh pimpinannya. Apa yang menjadi penyebabnya pun tidak terlalu jelas, akan tetapi pimpinannya sangat jelas menunjukkan sikap bermusuhan terhadap dia. Saya yakin, siapa pun tidak akan tahan bekerja dalam kondisi seperti itu.

Saya yakin, keputusan untuk keluar yang diambil teman-teman saya tidak didasari pada emosi sesaat semata. Hal tersebut tentu telah melalui pemikiran panjang dan matang. Pertimbangan kebutuhan hidup dan penghasilan pasti telah mereka pikirkan pula. Akan tetapi, di sinilah hal yang mebuktikan, bahwa dalam bekerja, tidak semuanya selalu tentang uang. Perasaan nyaman adalah salah satu hal yang diperlukan.

Suasana yang nyaman, bagi saya, adalah ketika kita bisa melakukan tugas kita dengan sebaik-baiknya, didukung ketika benar, dikoreksi ketika salah, persaingan yang sehat di antara rekan kerja. Perasaan nyaman dalam bekerja membuat seseorang dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Munculnya perasaan nyaman ini memang banyak faktornya, akan tetapi, pimpinan tetap mempunyai peran vital untuk menciptakan kondisi yang kondusif dan nyaman dalam bekerja.

Ada pepatah yang mengatakan, bekerjalah pada hal yang menjadi kesukaanmu, maka kau tidak akan merasa seperti bekerja selamanya. Akan tetapi, jika kita tidak bisa berada pada posisi tersebut, cintailah apa yang kita kerjakan.

Jika kita tidak dapat mencintai dan merasa nyaman pada hal yang kita kerjakan, keluar dari tempat bekerja tersebut mungkin hal terbaik yang bisa kita lakukan.

4 thoughts on “Uang (tidak) Selalu Segalanya

  1. iyah mbak. bener banget tu. do what we love and love what we do. seems simple, but actually, not that simple.🙂
    Semoga temen mbak menemukan tempat terbaiknya dalam bekerja ya? Amin.

    1. Aamiin…
      yup, not that simple karena untuk dapat melakukan apa yang kita cintai, atau mencintai apa yang kita lakukan, semuanya perlu usaha keras dari yang bersangkutan…🙂

  2. hheemmmm aku blm pernah kerja kantoran sih, jd tidak bisa menjiwai kondisi diatas. Tapi pernah pada suatu ketika dapet tugas mengajar di kelas Gresik. Awalnya nerima tugas mengajar itu karena tentu saja karena “amplopan”-nya lumayaaaaan. Tapi ketika pas hari H datang kesana, ternyata tempat mengajarnya nun jauh di pedalaman, dan murid2nya datang dari berbagai daerah bahkan ada yg dari Pulau Bawean. Suasana kelas saat mengajar sangat menyenangkan karena semangat belajar beliau-beliau sangat tinggi. Disaat itulah uang sudah bukan lagi motivasi. Mendadak ngerasa, tidak dibayarpun tidak apa-apa demi bisa mengajar beliau-beliau disana😀
    Ya, mengajar tanpa dibayar adalah salah satu cita-citaku. Semoga bisa segera terwujud *Numpang curhat*

Please feel free to give comment ^__^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s