Cado-cado, Catatan Dodol Calon Dokter

Cado-Cado
Dapat yang cover baru niih😀

Cado-cado ini adalah buku pertama dari tiga serangkai Cado-cado yang ditulis Ferdiriva Hamzah atau dr Riva (@ferdiriva). Walaupun ini buku yang pertama, tapi saya membacanya malah yang terakhir karena susah banget dapetinnya. Akan tetapi, karena itu pula saya bisa mendapatkan yang edisi dengan cover baru🙂

Buku ini walaupun isinya bercerita tentang kondisi saat dr. Riva melaksanakan ko-ass, tapi tidak melulu serius, malah lebih banyak konyolnya. Saya bahkan sampai ditegur teman gara-gara ketawa-ketiwi sendiri ketika baca bukunya hehehe.

Konyolnya buku ini bisa dinikmati mulai dari kelakuan dr Riva yang berlagak seperti orang gila ketika menghadapi pasien (yang dianggap) gila padahal cuma depresi biasa (Fobia Skizofrenia), menghadapi si Uba yang “wangi” tubuhnya bisa mengusir semua setan di bagian Neurologi (Ko-ass Horor), petualangan cilmil yang suaranya menggelegar bahkan bisa jadi sirine (Petualangan Cilmil) dan kisah-kisah lainnya.

Eh tapi buku ini pun tidak melulu berisi kisah konyol. Di setiap kisah atau kejadian pasti ada hikmah yang bisa diambil. Misalnya kejadian kecelakaan yang dialami rekan dr Riva, si Panjul, yang bisa mengubah dia menjadi lebih humble (si Bayi Tikus dan Kolor Emak-emak), atau kisah si Kallay yang menolong Munayah #TaelaNamanya padahal sudah direndahkan (Doktor Bolot).

Pesan moral lain yang bisa diambil dari buku ini adalah jangan menilai seseorang dari penampilannya saja.  Para waria, yang sering dianggap sebagai sampah masyarakat, ternyata mereka lebih setia kawan dan mau berusaha untuk membantu biaya pengobatan temannya yang dirawat di rumah sakit (Cewek-cewek Bumbu). Bang Hendra, co-ass “senior’ yang sering dicemooh, ternyata memiliki sikap empati terhadap pasien yang sering terlupakan oleh para dokter (Sesuatu yang Terlupakan).

Bukunya tidak terlalu tebal dan terdiri dari 9 bab dan 14 sub-bab.. Jadi berasa ngomongin buku pelajaran pake bab-bab segala :D  Ringan, konyol tapi juga mengandung pesan-pesan moral. Buku ini menceritakan bahwa saat ko-ass, walaupun penuh tekanan dan kesulitan, akan tetapi juga penuh hal-hal konyol yang secara sengaja atau tidak sengaja dilakukan para ko-ass tersebut.

Jadi, buat kamu yang lagi ko-ass, bisa nih baca buku ini supaya tidak stress saat ko-ass. Atau buat yang sudah jadi dokter, bisa dibuat ajang nostalgila saat-saat ko-ass. Atau buat yang bukan calon dokter atau dokter seperti saya, bisa dibuat ketawa-ketiwi karena tidak ikut ngerasain susahnya ko-ass😀

2 thoughts on “Cado-cado, Catatan Dodol Calon Dokter

    1. Aku baca nya dari yang kedua, ketiga baru yang pertama hehehe… Sudah agak susah emang nyari yang pertama, kalau kedua masih agak banyak kali yak…😀

Please feel free to give comment ^__^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s