Rapid Fire Question : Books

Buka reader-nya WordPress dan muncul postingan baru dari Omnduut aka Yayan tentang Rapid Fire Questions.  Baca postingannya kok jadi tertarik pingin ikutan, apalagi tema-nya tentang buku😀

Some of collection of mystery books
Some of collection of mystery books

So here is my answer… 

10 Pertanyaan Wajib :

1.  Tambah atau Ngurangin Timbunan?
Kecenderungannya sih menambah timbunan hehehe. Kalaupun berkurang, jumlahnya tidak terlalu signifikan😀

2.
  Pinjam atau Beli Buku?
Kebanyakan beli sih… apalagi kalau yang buku-buku favorit. Pinjam juga ok saja, tetapi jarang banget.

3.  Baca Buku atau Nonton Film?
Kalau diberi nilai 1 sampai 5 di mana angka 1 yang paling favorit, maka baca buku nilai 1 dan nonton film nilai 3.😀

4.  Beli Buku Online atau Offline?
Keduanya ok buat saya. Beli online biasanya untuk buku-buku yang susah didapatkan di toko buku atau yang harus pre-order.

5.  (Penting) Buku Bajakan atau Ori?
Sebisa mungkin dan sangat diusahakan untuk membeli buku ori…

6.  Gratisan atau Diskonan?
Kalau bisa dapat gratisan, kenapa tidak? hehehehe…

7.  Beli Pre-order atau Menanti dengan Sabar?
Untuk beberapa buku saya suka beli pre-order karena bisa dapat potongan harga atau tanda tangan penulisnya atau dapat berbagai macam hadiah. hehehe. Pre-order saya yang terakhir adalah R1M-nya A. Fuadi. Iming-imingnya dapat postcard :D  Pre-order berikutnya kayaknya terjemahan Inferno karya Dan Brown.

8.  Buku Asing (terjemahan) atau Lokal?
Keduanya ok, tergantung jalan ceritanya.

9.  Pembatas Buku Penting atau Biasa saja?
Bagi saya penting banget, karena saya tidak suka jika ada buku dilipet untuk menandai halaman yang dibaca. Seandainya buku yang saya beli tidak ada pembatas bukunya, saya pakai pembatas buku sendiri.

10. Bookmark atau Bungkus Chiki?
Sebetulnya bingung, apa sih hubungannya antara bookmark dengan bungkus chiki :D  tapi saya milih bookmark aja deh hehehehe

5 Pertanyaan tambahan dari Yayan :

1.  Baca Buku di Kendaraan atau di Restoran?
Baca buku di restoran pastinya. Saya paling tidak bisa baca di kendaraan. Bisa mual, pusing dan sebagainya. Sangking parahnya, kada baca sms atau chatting aja bisa bikin pusing.

2.  Remy Sylado atau Seno Gumira Ajidarma?
Jujur, saya belum pernah baca karya kedua orang hebat ini, jadi saya tidak tahu saya pilih yang mana. Kasian ya saya😦

3.  Cerita Anak atau Roman Dewasa?

Saya lebih suka cerita anak, karena cenderung enteng tapi sarat makna. 🙂

4.  Fiksi atau Non Fiksi?
Kalau dipersentase, saya lebih banyak baca buku fiksi dibandingkan non-fiksi.

5.  Buku Motivasi atau Buku Agama?
Keduanya ok, tergantung kebutuhan…

Saya juga pingin ikutan ngasih PR aah… Ini 5 pertanyaan dari saya 😀

  1. Lima Sekawan atau Trio Detektif? (wehehehe, ketauan banget umurnya😀 )
  2. Saat memilih buku, lebih memilih berdasarkan sinopsis di bagian belakang buku walaupun belum pernah membaca resensi atau review sebelumnya, atau harus melihat review atau resensinya terlebih dahulu.
  3. Apakah punya target buku yang ingin dibaca dalam period tertentu? Misalnya dalam setahun. Jika punya, sampai saat ini sudah berapa persen terpenuhi?
  4. Lebih memilih buku karena penulisnya atau ceritanya?
  5. Rekor paling lama membaca sebuah buku, berapa lama dan kenapa?

Untuk yang suka membaca buku, silakan kalau mau ikut berpatisipasi di Rapid Fire Questions ini.. caranya cukup menjawab 10 pertanyaan wajib dan 5 pertanyaan tambahan dari saya, juga memberikan 5 pertanyaanmu…🙂

 

12 thoughts on “Rapid Fire Question : Books

  1. Lagi malas bikin posting, jawab di sini aja ah…

    10 Pertanyaan Wajib :

    1. Tambah atau Ngurangin Timbunan?
    Nambah!! *panik liat isi kamar*

    2. Pinjam atau Beli Buku?
    Seringnya beli, tapi belakangan ini lagi banyak pengeluaran di luar perbukuan. Jadi lagi sering minjem. Untung perpustakaan sekolah kami handal.

    3. Baca Buku atau Nonton Film?
    Baca buku. Aslinya. Tapi belakangan lagi seneng nonton film karena banyak DVD film-film seri jadul yang aku suka waktu masih abegeh. Waktunya jadi tersita di situ.😀

    4. Beli Buku Online atau Offline?
    Offline. Nikmat aja rasanya jalan di dalam toko buku, ngoprek-ngoprek jejeran buku-buku trus milih yang mana yang (sanggup) dibeli. Hehehe…

    5. (Penting) Buku Bajakan atau Ori?
    ORIIIIII!!! *penulis tuh sebenarnya dapet dikit banget dari hasil penjualan buku mereka. Nah, apalagi kalo bukunya dibajak kan?*

    6. Gratisan atau Diskonan?
    Diskonan aja. Yang gratisan kok seringnya ngga pas sama seleraku.

    7. Beli Pre-order atau Menanti dengan Sabar?
    Menanti dengan sabar. Kecuali yang sekali itu, aku PO Madre-nya Dee Lestari. Eh, apa Supernova ya? Pokoknya kalo untuk penulis yang satu itu, aku PO setahun sebelumnya juga rela deh.😀

    8. Buku Asing (terjemahan) atau Lokal?
    Buku asing (non-terjemahan) dan lokal. Hehehe…Yang terjemahan beda rasanya pas dibaca.

    9. Pembatas Buku Penting atau Biasa saja?
    Penting buanget karena aku ngga suka buku yang dilipat-lipat halamannya. Merusak buku!

    10. Bookmark atau Bungkus Chiki?
    Maksudnya bungkus Chiki diselipin dalam buku untuk jadi pembatas ya? Ogah ah, ntar kotor bukunya.😀

    Yayan itu siapa sih? *sempet-sempetnya nanya*
    1. Baca Buku di Kendaraan atau di Restoran?
    Di kendaraan. Saya jarang makan di restoran. Kalo sampe makan di restoran berarti karena mau hang out sama teman-teman. Nah, masa’ sambil hang out malah baca? Kasian yang lain dong.🙂

    2. Remy Sylado atau Seno Gumira Ajidarma?
    Seno Gumira Ajidarma. Lebih karena belum pernah baca bukunya Remy Sylado sih. Jadi ngga tau bakal suka atau ngga. Hahaha…

    3. Cerita Anak atau Roman Dewasa?
    Cerita Dewasa Muda alias Young Adults. Hahaha…ngga ada di pilihan sih. Cerita anak membosankan, roman dewasa gampang ditebak alurnya. (sama aja ujung-ujungnya membosankan) Young Adults ceritanya menarik dan beragam, bisa jadi inspirasi menghadapi remaja.🙂

    4. Fiksi atau Non Fiksi?
    Jelas fiksi lah. Tapi ada beberapa buku non-fiksi juga yang aku suka.🙂

    5. Buku Motivasi atau Buku Agama?
    Ngga dua-duanya. Masih mending buku psikologi populer.

    Duh, banyak ya! (salah sendiri mau aja ikutan jawab!!)
    1. Lima Sekawan atau Trio Detektif? (wehehehe, ketauan banget umurnya😀 )
    Lima Sekawan dooooong!😀

    2. Saat memilih buku, lebih memilih berdasarkan sinopsis di bagian belakang buku walaupun belum pernah membaca resensi atau review sebelumnya, atau harus melihat review atau resensinya terlebih dahulu.
    Review. Kalo liat resensinya dulu kelamaan. Aku lebih sering beli buku secara spontan soalnya. Hehehe…

    3. Apakah punya target buku yang ingin dibaca dalam period tertentu? Misalnya dalam setahun. Jika punya, sampai saat ini sudah berapa persen terpenuhi?
    Ngga punya. Aku ngga pernah bersahabat dengan target. Selalu meleset. Jadi go with the flow aja.😀

    4. Lebih memilih buku karena penulisnya atau ceritanya?
    Lebih sering ceritanya. Tapi tetap punya penulis favorit.

    5. Rekor paling lama membaca sebuah buku, berapa lama dan kenapa?
    Ya sekarang ini, satu tahun belum selesai baca buku Steve Job. Soalnya baca yang versi bahasa Inggris, bacanya harus meluangkan waktu banget karena harus konsentrasi tingkat tinggi dan banyak istilah IT-nya. :p

    Udah selesaaaaaaaaai! Panjang yaaaaaaa!😀

    1. ini kalo kupindahin ke new post bisa jadi satu postingan baru sebenarnya hehehehe… wah, steve jobs ya.. aku belum sempet baca, eh belum beli juga dink.
      aku paling lama baca Dunia Sophie😀

      Mau tau yayan? langsung buka blog-nya aja😀

    1. yuks yuks… ditunggu ya postingannya.. atau jangan2 mau jawab di comment juga kayak frety😛

  2. Ikutan Fretty aaaaaahhhhhhhhh😀

    1. Tambah atau Ngurangin Timbunan?
    Sampai saat ini sih kecenderungannya adalah menambah tinggi timbunan buku

    2. Pinjam atau Beli Buku?
    Tergantung genre dan penulis bukunya *halah* Untuk genre dan penulis tertentu, aku lebih memilih membeli sendiri. Diluar itu aku lebih milih pinjem punya temen *Beginilah klo punya temen yg punya perpustakaan pribadi hihihihii*

    3. Baca Buku atau Nonton Film?
    Tergantung mood dan tempat. Kalau mood baca lagi bagus ya baca, klo mood lg ga bagus ya mending nonton. Trus kalau misalnya lagi antri sesuatu di kantor orang, aku lebih milih baca daripada nonton TV yang disediakan

    4. Beli Buku Online atau Offline?
    Dua2nya suka, tapi kalau bukunya limited edition dan disini gak jual, maka aku akan berbelanja online

    5. (Penting) Buku Bajakan atau Ori?
    Ori doooong, walaupun belinya di lapak bekar, tapi bukunya buku Ori

    6. Gratisan atau Diskonan?
    Sama seperti Fretty, aku lebih milih diskonan sih kalau soal belanja buku. Kecuali ada mas2 penulis yang mau kasih bukunya sendiri, dikasih tanda tangan, dan diantar langsung ke rumah *amboooiiii indahnya*

    7. Beli Pre-order atau Menanti dengan Sabar?
    Aku lebih milih Pre-order😀

    8. Buku Asing (terjemahan) atau Lokal?
    Both of them😀

    9. Pembatas Buku Penting atau Biasa saja?
    Biasa saja, soalnya kalau pun ada juga ga pernah kepake

    10. Bookmark atau Bungkus Chiki?
    Bookmark aja deh😀

    PERTANYAAN MBAK MAYA
    1. Lima Sekawan atau Trio Detektif? (wehehehe, ketauan banget umurnya )
    Lima Sekawan! walaupun sama2 Enid Blyton, tapi lebih suka yg lima sekawan

    2. Saat memilih buku, lebih memilih berdasarkan sinopsis di bagian belakang buku walaupun belum pernah membaca resensi atau review sebelumnya, atau harus melihat review atau resensinya terlebih dahulu.
    Review dari si pembaca buku, karena biasanya mereka lebih obyektif dalam menilai

    3. Apakah punya target buku yang ingin dibaca dalam period tertentu? Misalnya dalam setahun. Jika punya, sampai saat ini sudah berapa persen terpenuhi?
    Punya. Tahun ini menargetkan 15 buku. Dan sampe skrg belum ada separuh😦

    4. Lebih memilih buku karena penulisnya atau ceritanya?
    Penulis😀 Ada beberapa buku yang kubeli karena memang aku suka dengan penulisnya *uuhhuuuxx* Eh contohnya bukunya mas Yoris Sebastian dan pak Rheinald Kasali😀 *kasih keterangan*

    5. Rekor paling lama membaca sebuah buku, berapa lama dan kenapa?
    Ada buku yang belum selesai kubaca sampai sekarang padahal sudah mulai baca sejak tahun 201 lalu *tutup muka*

    1. wahaha.. beneran jawab di comment😀

      btw, kayaknya Trio Detektif bukan dari Enid Blyton, tapi Alfred Hitchcock… CMIIW..
      Hmm.. suka penulisnya yaaaaa…. kayak si……😀

      1. oh! Bukan ya? Whahhahhaaa brarti aku salah …. Dulu cuma baca ceritanya ga paham nama penulisnya. Kirain sama ama Lima Sekawan gara2 genrenya sama

  3. Aku juga gak bisa baca buku di kendaraan. Sama mbak, bisa pusing dan mual ^^

    Mau jawab aaah😀
    1. Lima Sekawan atau Trio Detektif? >>> Trio Detektif

    2.Saat memilih buku, lebih memilih berdasarkan sinopsis di bagian belakang buku walaupun belum pernah membaca resensi atau review sebelumnya, atau harus melihat review atau resensinya terlebih dahulu? >>> Dulu sempet ada di periode kalap buku, jadi baca sedikit resensi di belakang buku langsung beli. Tapi sekarang nggak lagi. Kudu tahu reaksi pembaca dulu baru beli. Kecuali untuk buku seri (kayak R1M) tanpa tanggapan orang aku udah gak sabar pingin baca.

    3. Apakah punya target buku yang ingin dibaca dalam period tertentu? Misalnya dalam setahun. Jika punya, sampai saat ini sudah berapa persen terpenuhi? >>> Dulu iya… sekarang nggak ^^

    4. Lebih memilih buku karena penulisnya atau ceritanya? >>> keduanya😀 Gak tentu.

    5. Rekor paling lama membaca sebuah buku, berapa lama dan kenapa? >>> Lebih dari satu tahun. Karena kesalip buku baru yang lebih oke trus lama-lama lupa deh hehe

  4. waaa mbak, selera bukunya -kalau liat dari foto- kok sama yaaa!! sayang nggak bisa pinjem. hehehe… sy belum baca deception point! *merana*

    tokyo zodiac murder juga saya berhenti di bab awal. saya luar biasa tertarik dengan ceritanya, tapi begitu baca bab-bab awal, sepertinya pengarang bukunya kurang piawai meramu kata, saya jadi males nerusin baca.

    1. Iya tah? wah… asik donk kalau gitu. siapa tau saya juga bisa minjem.

      Deception point asik banget ceritanya. Udah tau kan kalo Dan Brown mau ngeluarin buku baru mei ini, judulnya Inferno.. gak sabar nunggu terjemahannya.

      Iya, Tokyo Zodiac Murder emang berat bahasanya.. tapi triknya keren abis…😀

Please feel free to give comment ^__^

