Akiramenaide….

Tadi siang terlibat pembicaraan dengan seorang teman. Dia adalah pengurus suatu ikatan keluarga besar alumni sebuah universitas. Fokus dari ikatan tersebut adalah untuk mengumpulkan dan memberikan beasiswa kepada adik-adik yang memiliki kemampuan dan keinginan untuk kuliah, tapi tidak memiliki kemampuan secara finansial.

Dari cerita-ceritanya, para nominator penerima beasiswa itu benar-benar memiliki semangat juang yang tinggi untuk menuntut ilmu. Salah seorang yang membuat saya terkesan adalah dia yang berkuliah di jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya. Bapaknya petani dengan penghasilan yang minim setiap bulannya, ibunya penderita diabetes yang memerlukan pengobatan sehingga tidak bisa membantu mencari nafkah, sehingga untuk dapat kuliah, dia harus kuliah sambil bekerja, tapi dia bisa meraih IPK 3.7. Sebagai lulusan akuntansi, saya menyadari bahwa mencapai IPK segitu dengan kondisi dia yang demikian adalah hal yang luar biasa.

Saya merasa sangat beruntung. Walaupun kedua orang tua saya telah meninggal, saya masih bisa melanjutkan dan menyelesaikan kuliah. Allah yang mengatur dengan sempurna sehingga saya bisa melanjutkan kuliah dengan normal. Ada tangan-tangan yang digerakkan oleh Allah untuk membantu saya dapat kuliah. Tangan-tangan yang sampai saat ini tidak bisa saya balas jasa-jasanya dan hanya Allah yang dapat membalasnya…

Mendengar cerita teman saya tersebut, saya merasa malu bahwa semangat juang saya ternyata masih sangat kecil. Saya masih sering mengeluh atas hal-hal yang sebetulnya sepele :(  Sementara mereka, di tengah keterbatasan orang tua, mereka berjuang sekuat mereka untuk dapat melanjutkan pendidikan. Mempergunakan segala kesempatan yang ada selama halal untuk dapat bertahan.  Kagum saya dengan semangat juang mereka.

Di luar sana, banyak adik-adik yang mampu bersekolah, tapi tidak bisa sekolah karena kendala biaya. Banyak pula yang memiliki kesempatan untuk menempuh pendidikan tapi tidak digunakan dengan maksimal. Ironis? ya, tapi memang begitu kenyataannya. Memang, sekolah dan pendidikan formal bukanlah harga mati keberhasilan seseorang. Akan tetapi, bukankah lebih baik pula jika dapat menempuh pendidikan formal semaksimal mungkin.

Akiramenaide…
Jangan pernah menyerah dalam kondisi apa pun… Itu yang saya pelajari dari mereka. Bukan hal yang mudah, pastinya! Akan tetapi selama tidak menyerah, pasti akan ada jalan untuk mencapai tujuan kita.

Pelajaran penting lain yang saya dapatkan hari ini adalah…. mari berbagi. Sedikit dari kita, insya Allah dapat membantu mereka yang membutuhkan. Dalam setiap rezeki yang kita terima, selalu ada bagian orang lain.
Mari berbagi, karena bukankah kita pun pasti pernah dibantu seseorang…
Mari berbagi, karena manusia adalah makhluk sosial.. yang tidak pernah bisa untuk hidup sendiri dan akan selalu membutuhkan orang lain🙂

3 thoughts on “Akiramenaide….

Please feel free to give comment ^__^

