Scene on Three #3

Tanggal 13 Agustus 2013, berarti waktunya Scene on Three 🙂

sceneonthree

Saya baru saja membaca buku Saga no Gabai Baachan (Nenek Hebat dari Saga) karya Yoshichi Shimada. Ada banyak scene menarik di buku ini, tapi berhubung hanya bisa menampilkan satu scene saja maka saya memilih yang bagian ini :

Namun di pagi keberangkatan trip sekolah, entah kenapa Kubo tidak menampakkan batang hidungnya.
“Kubo kenapa ya?”
“Padahal dia sudah ambil uangnya.”
Sepanjang trip sekolah yang menyenangkan, muncul kata-kata itu dari seseorang, menyumpahi kelicikan Kubo.

Sepulangnya ke Saga, dengan segera kami memutuskan untuk memanggil Kubo ke ruang klub. Ketika kami tiba di ruang klub sesuai waktu perjanjian, Kubo sudah duluan ada di sana.
Begitu melihat wajahnya saja, darahku langsung naik ke ubun-ubun. Aku berpikiri kami semua sudah seperti orang bodoh rela memeras keringat, bekerja dengan keras di hari yang panas demi dia. Semakin aku memikirkannya, tahu-tahu kesabaranku habis.

“Kubo! Kenapa kau tidak datang? Jangan-jangan uang hasil kerja keras kami kaupakai seenaknya ya?”
Aku menerjangnya dengan kasar sehingga kursi yang diduduki Kubo terdorong kehilangan keseimbangan. Kubo pun terjatuh ke lantai.
“Ayo jawab! Kaupakai, bukan?”

Sekalipun sudah ludes sedemikian rupa, Kubo menjawab tegas, “…. Bukan.”
“Apanya yang bukan”
“Sejak awal aku sudah memutuskan untuk tidak pergi trip sekolah. Aku membeli ini dengan uang itu. Kupikir ada baiknya. Kita meninggalkan ini untuk para junior.”
Kubo bangkit dan meraih bungkusan besar yang dibawanya. Dari dalam bungkusan, Kubo mengeluarkan sarung tangan catcher dan tongkat pemukul yang sama sekali baru, beserta tiga dus bola baseball.
Sambil mengamati semua peralatan baru yang begitu menyilaukan mata itu, aku pun teringat ke belakang. Ketika separuh disodori secara paksa, Kubo memang menerima uang itu, tapi dia hanya berkata “Baiklah, aku jaga.” Sejak detik itu, Kubo pasti telah memutuskan di dalam hati.
“Maaf Kubo. Maaf ya.”

……
“Sudah, sudah, sudahlah, teman-teman.” kata Kubo sambil menarik bahu kami yang sedang bersimpuh, agar kami kembali berdiri. Begitu melihat senyum tenang Kubo, aku langsung teringat kata-kata Nenek yang entah kapan pernah diucapkan kepadaku.
“Kebaikan sejati adalah kebaikan yang dilakukan tanpa diketahui orang yang menerima kebaikan.”

Apakah itu yang telah kami lakukan? Tanpa dimintai bantuan oleh Kubo, kami memutuskan sendiri untuk bekerja paruh waktu, lalu memaksanya menerima uang hasil kerja dan marah ketika dia tidak datang. Sama sekali tidak ada kebaikan yang diperuntukkan Kubo. Semua untuk kami sendiri. Hanya karena ingin merasa puas, kami telah menjual kebaikan dan memaksa Kubo untuk menerimanya.

Entah kenapa scene ini rasanya “ngena” banget. Jadi membuat berpikir, walaupun semua tindakan pasti akan kembali kepada kita, termasuk kebaikan, tapi seberapa sering kita melakukan kebaikan dengan tulus atau dengan pamrih ?

Punya scene yang berkesan, di share yuk jadi bisa dinikmatin bareng-bareng dengan blogger lainnya.
Caranya gini nih😀

  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

6 thoughts on “Scene on Three #3

    1. Seperti biasa, selalu suka dengan tulisan Mas Rifqy krn selalu ada hikmah yang bisa dipetik.🙂

      Scene on three ini khusus untuk adegan yang diambil dari buku mas. Jadi misalnya baca buku, trus ada scene yang menarik, itu bisa dituangkan di scene on three. Soalnya yang jadi hostnya juga anggota blogger buku Indonesia, jadi meme nya juga masih ada kaitan ama buku.. Kalo mas rifqy ada scene menarik di buku yg mau di share, monggo mas ikutan..🙂

Please feel free to give comment ^__^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s