[People Around Us #1] Photografer Instan

DSC_0322

Beberapa waktu yang lalu, saya mengunjungi kawah putih di Jawa Barat. Menjadi pemandangan yang umum ketika orang-orang beraksi dan bergaya di depan kamera atau menggunakan kameranya untuk mengabadikan pemandangan yang indah ini.

Di antara sekian banyak orang tersebut, saya memperhatikan ada beberapa orang yang menawarkan jasa photo instan, jadi kita difoto oleh orang tersebut dan seketika photo kita akan diprint dengan printer portable yang mereka bawa. Saya yakin, di setiap tempat wisata pasti ada para photografer yang seperti itu. Boleh kan kalau saya menyebut mereka photografer instan, soalnya saya tidak tahu harus bagaimana lagi menyebut mereka.

Profesi ini bukan profesi baru. Sejak dulu profesi ini sudah ada. Mengikuti perkembangan jaman, yang dulunya berupa kamera polaroid, sekarang kamera digital dengan printer portable. Terkadang saya bertanya-tanya sendiri, mengapa mereka masih bertahan dengan profesi tersebut? Kondisi dulu bisa saya maklumi jika para photografer ini ada di tempat wisata. Akan tetapi, sekarang ini, dengan perkembangan tehnologi yang begitu pesat. Sebut saja, kamera dengan memori yang cukup besar, membuat seseorang bisa foto-foto sepuasnya dan nanti di rumah mungkin baru akan dipilih mana yang akan dicetak. Apakah para photographer instan tersebut tidak menyadari hal itu? Saya yakin mereka menyadarinya. Lantas mengapa ? Kalaupun ada orang-orang yang tidak membawa kamera, di kondisi saat ini, saya yakin jumlahnya tidak banyak. Kembali saya bertanya-tanya, lantas mengapa mereka tetap bertahan? Apakah mereka bisa hidup dari profesi itu?

Pertanyaan-pertanyaan ini masih bergaung di pikiran saya, belum sempat saya tanyakan kepada yang bersangkutan. Semoga suatu hari nanti saya dapat menanyakannya kepada para photografer instan tersebut.

Akan tetapi, walaupun saya tidak tahu alasannya, saya salut dengan mereka yang bertahan untuk bekerja di kondisi tersebut. Mereka yang mau berusaha apa pun yang penting halal.  Mereka yang menjaga diri dari meminta-minta.  Apapun alasanmu wahai photgrafer instan, saya salut padamu..🙂

– Project by Alexander Thian aka @aMrazing

3 thoughts on “[People Around Us #1] Photografer Instan

    1. oh iya ya.. di acara wisudaan juga ada ya.. kemarin cuma terpikir di tempat wisata. soalnya kalau di tempat wisuda, kayaknya momen sakral itu foto dengan para fotografer instan. untuk nantinya dipajang di dinding😀

      btw, thanks for visit ya..🙂

Please feel free to give comment ^__^

