#5BukuDalamHidupku: Pulang

Setelah sekian lama tidak membuka blog, hari ini berkesempatan membuka blog dan begitu masuk ke kolom reader muncul postingan baru dari Dian chan yang ternyata merupakan postingan pertama dari proyek menulis #5BukuDalamHidupku.  Proyek menulis ini digawangi oleh Mas Irwan Bajang. Temanya pun kena banget untuk saya yang baru ngeblog setelah beberapa lama absen : Sebuah Proyek Mudik Bareng ke Blog Sendiri.  Proyek menulis ini diadakan selama 5 hari, dari tanggal 12 sampai dengan 16 November 2013 dengan setiap harinya harus memposting satu tulisan tentang buku yang paling berkesan yang pernah dibaca.

Hobi saya membaca. Sejak kecil saya sudah terbiasa membaca, sehingga menemukan 5 buku yang paling berkesan yang pernah saya baca tentunya bukan hal yang mudah. Setelah menimbang-nimbang, untuk postingan pertama saya memilih sebuah judul yang hampir sama seperti tema yang disodorkan Mas Irwan Bajang, yaitu Pulang.

pulang
Gambar diambil dari Goodreads

Pulang adalah sebuah novel karya Leila S. Chudori. Tokoh utama dalam novel ini adalah Dimas Suryo, seorang eksil politik Indonesia, yang tidak bisa kembali ke tanah air karena dicurigai terkait dalam salah satu sejarah terkelam Indonesia, yaitu Gerakan 30 September PKI.  Dimas Suryo dan beberapa orang kawan yang senasib kemudian mendapatkan suaka dan mendapatkan kewaraganegaraan Perancis. Dimas menikah dengan Vivienne dan memiliki seorang putri bernama Lintang Utara.

Setelah era order lama tumbang dan digantikan oleh order baru, tekanan terhadap pihak-pihak yang terkait dengan Gerakan 30 September 1965 sangat meluas. Tidak hanya terkait pada yang bersangkutan, akan tetapi juga berdampak pada kehidupan keluarga dari pihak yang dicurigai. Pemerintah mencanangkan program “Bersih Lingkungan”, di mana pihak yang dicurigai terkait dengan gerakan tersebut, walaupun tidak dapat dibuktikan, beserta seluruh keluarganya tidak akan pernah mendapatkan kesempatan untuk bekerja di lingkungan pemerintah.

Pulang bercerita tentang persahabatan, ikatan kekeluargaan, cinta dan pengkhianatan. Novel ini menggunakan latar belakang tiga peristiwa bersejarah yaitu Gerakan 30 September 1965 di Indonesia, Mei 1968 di Perancis dan kerusuhan  Mei 1998 serta berakhirnya orde baru yang ditandai dengan lengsernya Presiden Indonesia yang telah 32 tahun berkuasa.

Membaca novel ini membuat saya melihat sisi lain dari Gerakan 30 September 1965. Selama saya bersekolah, kejadian G 30 S PKI selalu digambarkan melalui film yang selalu diputar dan harus ditonton setiap tanggal 30 September setiap tahunnya.  Tidak pernah terbayangkan nasib mereka yang terkena efek dari program “Bersih Lingkungan” hanya karena mereka anak, keponakan atau sanak saudara dari mereka yang terkait dalam gerakan ini. Bahkan mungkin ada beberapa di antara mereka yang belum lahir ketika kejadian tersebut terjadi tapi tetap terkena dampaknya.  Novel ini membuka mata saya tentang sisi lain sebuah kisah.

Peristiwa berdarah 30 September 1965 akan selalu menjadi peristiwa terkelam dalam sejarah Bangsa Indonesia, walaupun kebenarannya menjadi simpang siur karena setelah orde baru runtuh ada beberapa yang mengatakan ini dan itu. Tidak akan pernah ada batas yang jelas dalam politik, semuanya abu-abu, tergantung siapa yang berkuasa.

Entah mengapa, saya sangat terkesan dengan novel ini. Mungkin karena penulis dapat dengan jelas menggambarkan keinginan yang kuat dari tokoh-tokohnya, terutama Dimas Suryo, untuk pulang ke tanah air, walaupun mereka telah hidup mapan di negeri orang.  Keinginan yang kuat untuk pulang ke rumah dan rumah adalah tempat di mana hatimu berada. Bagi Dimas Suryo, rumah itu selalu berarti INDONESIA.

10 thoughts on “#5BukuDalamHidupku: Pulang

      1. judulnya “Jejak-jejak yang Terserak”

        kata teman-teman seh sudah beredar di toko buku itu. malahan ada yang sempat kirim fotonya. tampilan bukunya saya jadikan header di blog saya

Please feel free to give comment ^__^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s