[Berani Cerita #37] Sarung Emak

“Kiwang! Lo ikut maen bola gak?!”

Kiwang tergeragap bangun dari tidur siangnya mendengar panggilan tersebut. Serta merta dia meloncat dari tempat tidur dan berteriak melalui jendela

“Iye..!!!”

Bergegas dia ke kamar mandi untuk mencuci muka, kemudian menyambar tas yang tergantung di belakang pintu.

“Mak… Kiwang keluar maen bola dulu ye…. “

Kiwang mencium tangan emaknya kemudian berlari ke luar rumah.

“Iyeee… Ati-ati…  Eh Kiwaaang…. !!!!

Emak seperti teringat akan sesuatu, tapi Kiwang sudah menghilang bersama teman-temannya.

>><<

Permainan bola sedang berlangsung seru. Lamat-lamat dari kejauhan, terdengar suara adzan Ashar.

Priiiiitttt!!!!  Asrul, sang wasit, meniup peluitnya.

“Kite berhenti dulu ye..  Abis sholat kita lanjut lagi….” seru Asrul.

Selesai berwudhu, Kiwang membuka tasnya dan terkejut ketika mendapati sarungnya tidak ada di tas.

“Kok sarung gue gak ada ya…. padahal gue gak bisa sholat kalo gak pake sarung itu”  

Hah! Apa maksud lo?” Unang bertanya

Dulu pas emak gue ngasih sarung itu, Emak bilang kalo sarung itu harus dipake sholat, kalo gak, berarti gue gak sayang sama Emak. Sejak itu, gue kalau sholat selalu pake sarung itu… Pegimane donk ni?”

“Udeh pake sarung yang ada di mesjid dulu aja, masak semata-mata  karena sarung dari Emak lo gak ada, lo gak sholat”  Asrul berkata.

Tapi Rul…..”

“Gini deh..  Lo mending gak disayang emak lo.. apa gak disayang Alloh…

Berat amet Rul pilihannye.. Gue mending gak disayang si Mimin, anaknye Pak Kaji Murjani deh…!!!”

Ribet lo! Udah komat tu…”

Iye iye… gue pake sarung di sini…”

Maapin Kiwang ya Mak…

>><<

“Rul, gue gak ikutan maen bola lagi deh. Gue mau nyari sarung dari emak”

Masih tentang sarung?! Gue bantuin deh..” Sahut Asrul.

“Gue juga bantu nyari deh… ” tiba-tiba Unang muncul dari belakang Bimo. Kiwang nampak terharu mendengar ucapan teman-temannya.

Udeh.. gak usah sok terharu gitu lo..” ucap Asrul

Kalo kata Pak Kaji Murjani.. That’s what friends are for…”  Unang menimpali, yang disambut tawa kedua temannya.

>><<

Hari menjelang magrib ketika Kiwang pulang ke rumah. Sarungnya tidak ditemukan dan Kiwang tidak tahu harus berkata apa kepada Emaknya.

“Assalamualaikum…”

“Waalaikumsalam.. “

Tiba-tiba Kiwang menangis dan bersimpuh di kaki Emaknya.

Maapin Kiwang Maak.. Kiwang gak bisa jaga amanah Emak..”

Emaknya bingung melihat sikap anaknya yang seperti itu.

Kenapa kamu Nak.. ??”

Sarung pemberian Emak hilang. Tadi abis dhuhur masih ada, tapi waktu mau Kiwang pake sholat ashar udah gak ada. Kiwang tadi sholat pake sarung laen Mak. Tapi, Kiwang tetap sayang Emak kok walau pake sarung laen..”

Ya Alloh Kiwaaang, kamu salah paham. Kamu sayang Emak bukan karena sholat pake sarung dari Emak, tapi karena kamu sholat Nak.”

“Lho, emang kenapa gitu Mak…?”

Kalo kamu gak sholat, berarti kamu durhaka sama Alloh, berarti Emak gak bisa ndidik kamu untuk nurutin perintah Alloh. Berarti kamu gak sayang sama Emak.

Oh ya, kalo tentang sarung Kiwang, tadi Emak ambil pas kamu tidur siang. Emak cuci, abis kotor banget. Masa kotor gitu dipake sholat. Entu sekarang sarungnya di atas tempat tidur …”

Seketika Kiwang melesat ke kamarnya. Sarung kotak-kotak merah biru dari Emaknya terlipat rapi di atas tempat tidur. Bersih dan wangi.

Jumlah Kata : 498

banner-BC#37

6 thoughts on “[Berani Cerita #37] Sarung Emak

Please feel free to give comment ^__^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s