[FF2in1] Memoriku

Akhirnya hari yang kutunggu tiba juga. Hari di mana aku akan menikahi gadis yang kucintai sejak dulu. Cinta pertama yang berbalas dan dapat berlanjut ke jenjang pernikahan, kurang beruntung apa aku ini.

Rasanya waktu berjalan lambat pagi ini. Aku sudah ingin bergegas berada di depan penghulu untuk mengucapkan ijab kabul. Aku ingin segera meresmikan dia menjadi istriku dan mengumumkannya pada dunia bahwa dia milikku. Sudah kuhapalkan baik-baik kalimat ijab kabul yang nanti harus kuucapkan di depan penghulu. Melati Ayuningrum binti Andre Sasongko. Nama yang tidak mungkin kulupakan.

Ketika tiba di rumahnya, aku tidak melihat Melati. Tentu saja, adat kami tidak mengijinkan kami bertemu sebelum ijab kabul dilaksanakan. Aku sudah membayangkan, dia pasti sangat cantik dalam baju pengantin putihnya.

“Ananda Bowo Suseno bin Abdul Qodir, saya nikahkan engaku dengan putri saya Andrea Ayuningrum binti Andre Sasongko dengan mas kawin seperangkat alat sholat dibayar tunai.”

Kini tiba waktuku mengucapkan bagian yang telah kuhapal

“Saya terima nikahnya Melati Ayuningrum binti Andre Sasongko dengan mas kawin seperangkat alat sholat dibayar tunai”  Aah, akhirnya terucap juga kata-kata itu.

Tapi, nampaknya ada yang aneh. Mengapa semua hadirin terdiam. Mengapa tidak ada ucapan sah dari mereka.

Kulihat ayah Melati menatapku dengan pandangan yang tidak dapat kudeskripsikan, begitu juga hadirin yang lain.

“Nak Bowo, yang kau nikahi hari ini bukan Melati, tapi Andrea Nak.  Dia saudara kembar Melati. Melati sudah meninggal Nak 5 tahun yang lalu.”

Aku mendengar isakan dari ruang sebelah. Dan aku baru tersadar, bahwa memoriku tentang Melati masih hidup sampai hari ini.

Diikutkan dalam #FF2in1 4 Desember 2013 di FB Nulis Buku
Tema : Lumpuhkan Ingatanku – Geisha

4 thoughts on “[FF2in1] Memoriku

Please feel free to give comment ^__^

