Tentang Ikhlas… (lagi)

Belajar Ikhlas
Sumber dari sini

 

Dalam berdoa, kita selalu meminta yang terbaik kepada-Nya. Akan tetapi, ketika kenyataan yang kita hadapi tidak sesuai yang kita harapkan, kita seringkali pula tidak terima, tidak rela.  Sungguh manusia itu sangat membingungkan ya…. Saya juga sering begitu. Untunglah sifat Allah itu berbeda dengan manusia sehingga Dia tidak mungkin mutung menghadapi manusia.

Ikhlas… Mudah diucapkan, akan tetapi sulit sekali untuk dilakukan.  “Iya, aku ikhlas kok.” Pernahkah kita bertanya pada diri kita sendiri, apakah ucapan itu benar-benar dari hati.

Saya pernah bertanya pada seorang teman… bagaimana ikhlas itu… di mana ikhlas itu… Dan dia hanya menjawab, ikhlas lagi main, ke luar, belum pulang. #TabokTeman. Akan tetapi, kemudian dia mengirimkan sebuah screenshot melalui WhatsApp

IMG-20140907-WA0002

Katanya itu tulisan Ibnu Ath-thailah di kitab Al-Hikam. Hmm, terus terang saya memang pernah mendengar nama beliau, tapi tidak pernah mempelajari kitabnya yang diinformasikan teman saya tersebut. Akan tetapi, tulisan tersebut mentetramkan.

Kita sebagai manusia inginnya cepat, inginnya sekarang. Akan tetapi, Allah ingin kita bersabar, sehingga Dia memberi jeda dan mengabulkan permintaan kita pada waktu yang tepat menurut-Nya. Bukankah semua doa itu diijabah oleh-Nya. Hanya saja Dia mengabulkan dengan tiga cara : dikabulkan langsung sesuai dengan permintaan kita, dikabulkan akan tetapi diganti  dengan yang lebih baik menurut-Nya atau ditunda menunggu waktu yang tepat menurut-Nya.

Belajar untuk ikhlas. Untuk rela dengan segala ketentuan-Nya. Tidak mudah, akan tetapi bukan pula tidak bisa.

Saat ini saya seedang belajar untuk ikhlas. Semoga Allah memudahkan prosesnya… Aamiin.

11 thoughts on “Tentang Ikhlas… (lagi)

Please feel free to give comment ^__^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s