[Book Review] Fractured (#2 Trilogi Slated)

IMG_20150302_063417

Judul : Fractured
Penulis : Teri Terry
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP – Kelompok Gramedia)
Cetakan : Pertama, 2013
Halaman : 545 halaman
ISBN : 10 : 602-249-402-8, 13 : 978-602-249-402-7

BLURB

Ke mana kau harus melangkah jika kau tak ingat dari mana asalmu?
Ingatan Kyla telah dihapus,
Kepribadiannya dibentuk ulang,
Ingatannya telah hilang selamanya.
Atau, begitulah yang dia kira.

Kyla seharusnya tak bisa mengingat apapun. Tetapi, dia malah menyadari rahasia kelam yang tersimpan dalam ingatannya. Ketika seorang pria misterius dari masa lalunya muncul, dia pikir kebenaran tentang hidupnya juga akan terungkap. Namun, semakin dia mengetahui masa lalunya, hidupnya semakin rumit. Nyawa pria yang dicintainya pun jadi taruhan. Siapa yang bisa dia percaya dalam pencariannya akan kebenaran?

REVIEW

1. Kesan yang kamu harapkan saat ingin membaca bukunya.

Saat selesai membaca Slated, saya sudah penasaran sekali dengan kelanjutan kisah Kyla. Siapa dia sebenarnya? Dia sudah dihapus, sehingga seharusnya dia tidak lagi memiliki ingatan dari kehidupan yang sebelumnya. Akan tetapi, Kyla selalu mendapatkan mimpi-mimpi yang seolah-olah memberi petunjuk tentang dirinya yang sesungguhnya.

Saya juga penasaran dengan nasib Ben. Apakah dia sudah benar-benar mati? Ataukah dia disembunyikan oleh Pengawas?

2. Apa intisari dari buku tersebut ?

Hmm, apa ya? Saya juga bingung. #Ditabok😀

Latar belakang Trilogi Slated adalah kota London di tahun 2020-an. Untuk mengakhiri kerusuhan di neger itu, beberapa puluh tahun sebelumnya dibentuk Pemerintahan Koalisi Tengah. Salah satu kebijakan dari Pemerintahan tersebut adalah Program Penghapusan. Program ini ditujukan kepada orang-orang yang dianggap kriminal oleh Pemerintah tapi masih diberikan kesempatan kedua. Ingatan mereka akan dihapus sepenuhnya dan mereka akan ditempatkan di keluarga yang berbeda dari masa lalu mereka. Para Pengawas memiliki kekuasaan absolut dalam Pemerintahan ini. Kyla, tokoh utama novel ini, adalah salah satu dari mereka yang dihapus.

Fractured adalah buku kedua dari trilogi Slated. Pada buku kedua ini, pelan-pelan jati diri Kyla mulai terungkap.  Sebuah kejadian tragis dan mimpi-mimpi yang dia alami, perlahan menyibak kabut ingatannya.  Levo yang melingkar di pergelangan tangannya tidak lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Mimpi-mimpi buruk atau kejadian apapun yang dialami Kyla tidak lagi mempengaruhi tingkatan di Levo tersebut.

Ingatan Kyla tentang Nico sudah terungkap, membawa dia kembali ke kehidupannya sebelum dihapus. Dia melakukannya secara diam-diam karena mencari tahu tentang kehidupan di masa lalu dilarang keras untuk orang-orang yang dihapus.

Dalam proses membuka ingatannya yang masih tersembunyi, dia harus berhadapan dengan keluarga barunya, dokter yang menangani dia setelah dihapus, para Pengawas bahkan dia harus berhadapan dengan Nico, orang yang selama ini dia percaya.

Ketika salah satu rahasia kelam kehidupannya terungkap, Kyla harus memilih apa dan siapa yang dapat dia percayai.

3. Tokoh-tokoh yang ditonjolkan dalam buku tersebut siapa saja dan menurut kamu, karakter mereka bagaimana?

Kyla : Seorang gadis berusia sekitar 16 tahun. Dia telah dihapus karena pernah telibat dalam aksi terorisme.  Akan tetapi, tidak seperti orang yang dihapus lainnya, dia mengalami mimpi-mimpi buruk yang perlahan menyingkap jati dirinya. Dia adalah Lucy Connor dan juga Rain. Rain adalah jati diri Kyla yang terlibat dalam aksi terorisme. Dia gadis yang berkemauan kuat dan tidak takut mengambil risiko. Sebagai Rain, dia tidak takut akan apapun.

Nico : Seorang guru baru di sekolah Kyla. Dibantu oleh Nico, Kyla menyingkap jati dirinya yang bernama Rain. Nico adalah pemimpin sebuah gerakan yang menamakan dirinya Gerakan Inggris Merdeka, atau jika dilihat dari sisi pemerintah yang berkuasa, mereka disebut sebagai Teroris Anti Pemerintah.  Nico adalah orang yang karismatik.

Dr. Lysander : Dokter yang merawat Kyla setelah dia dihapus. Dia adalah orang yang menemukan Program Penghapusan. Dia memiliki rasa ingin tahu yang alamiah sebagai ilmuwan tentang Kyla. Baginya, kasus Kyla berbeda dari kasus orang-orang yang dihapus biasanya.

Ben : Laki-laki yang dicintai oleh Kyla. Di buku pertama, dia mengalami koma setelah berusaha melepas paksa Levo-nya. Dia dibawa oleh Pengawas dan sejak itu tidak ada kabar lagi darinya. Kyla masih berusaha mencari tahu tentang Ben. Dibantu oleh Aiden dan orang-orang dari DOH (Daftar Orang Hilang), Kyla dapat menemukan Ben. Akan tetapi, ternyata sesuatu telah terjadi pada Ben yang menyebabkan Kyla sangat terkejut.

Tori : Seorang wanita yang pernah dekat dengan Ben. Di buku yang pertama dia tiba-tiba menghilang. Kyla bertemu lagi dengan Tori ketika rumah yang dihuni keluarga Ben terbakar. Tori kemudian dikenalkan oleh Kyla kepada Nico dan bergabung dengan Gerakan Inggris Merdeka (TAP versi Pemerintah).

Keluarga Kyla yang baru : Ibunya yang merupakan anak dari perdana menteri pemerintahan yang pertama. Orang tua dari ibunya meninggal akibat dibom oleh Teroris. Ayahnya bekerja pada pemerintahan. Amy, kakaknya, juga seseorang yang telah dihapus.

Coulson : Pemimpin para Pengawas. Dia memaksakan sebuah perjanjian kepada Kyla dengan jaminan keselamatan Ben.

Cameron : Siswa baru di sekolah Kyla. Sangat nyata bahwa dia tertarik pada Kyla.

4. Alur ceritanya bagaimana? Maju, mundur atau maju mundur?

Alurnya maju. Mimpi-mimpi yang dialami Kyla menjadi semacam flash back dari kehidupannya di masa lalu.

5. Kamu “greget” nggak sama ending-nya? Apa sesuai dengan harapanmu?

Greget bingggggiiiii…… >_< Benar-benar di luar ekspektasi dalam arti positif. Twist banget. Jadi penasaran dengan buku yang ketiga😀

6. Apa manfaat yang kamu peroleh setelah membaca buku tersebut?

Manfaatnya adalah bikin saya bergadang karena bikin penasaran. Susah berhenti ketika sudah mulai membaca😀 Yang pasti saya terhibur membaca buku ini.

7. Kalau kamu ditakdirkan bertemu langsung dengan penulisnya, apa yang kamu ingin sampaikan padanya berkaitan dengan bukunya yang telah kamu baca?

Saya ingin bertanya dari mana dia mendapatkan ide tentang Trilogi Slated ini. Selain itu pingin minta tanda tangan di bukunya😀

8. Berapa rating-mu untuk buku-nya?

Empat dari lima bintang🙂

Diikutkan dalam Reading Challenge Maret Monday Flash Fiction
Tema bulan ini : Buku dengan judul berawalan M atau F

8 thoughts on “[Book Review] Fractured (#2 Trilogi Slated)

  1. Saya jadi ingat sama Maze Runner yang juga mengambil premis orang-orang yang dihapus ingatannya oleh suatu organisasi dan berusaha mendapatkan kembali kenangan tentang hidup mereka pada awalnya. Genre-nya jadi semacam young adult yang sedang terkenal saat ini, ya…
    Jadi penasaran, akankah trilogi ini dibuat filmnya juga? :hehe.

      1. Filmnya sih, kalau menurut saya, tipikal YA banget… tapi saya belum pernah baca bukunya jadi belum bisa kasih komentar.

Please feel free to give comment ^__^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s